Mempunyai seekor ayam aduan Bangkok jawara sampai sekarang telah jadi tren tersendiri untuk para penggila sabung ayam. Entah itu sebagai hewan untuk dibudidayakan atau diubah menjadi petarung paling menakutkan di dalam arena laga. Meskipun begitu, tidak jarang para bobotoh maupun peternak kerap kali menemui kendala pada proses perawatan untuk membentuk ayam jawara. Hal itu karena dianggap kurang produktif dan terkena penyakit ataupun permasalahan pakan ayam.

Pakan sendiri adalah salah satu kunci utama untuk bisnis budidaya seekor ayam aduan Bangkok berkualitas. Dari sinilah akan terbentuk seekor ayam aduan Bangkok berkualitas unggul. Bahkan tidak jarang bobotoh diwajibkan untuk menggelontorkan biaya lebih besar karena pakan.

Akan tetapi, sekarang Anda sebagai seorang bobotoh sudah tidak perlu khawatir. Sebab akan dibahas tentang tips proses pemberian pakan seekor ayam aduan secara tepat. Yaitu racikan atau ramuan pakan seekor ayam aduan Bangkok paling mudah dibuat dan hemat.

TIPS MEMBUAT PAKAN AYAM ADUAN BANGKOK PALING MUDAH DAN HEMAT

Cara ini dapat dikatakan cukup ampuh dan pastinya tidak akan membutuhkan biaya terlalu besar. Meskipun begitu, racikan pakan di sini sangatlah bernutrisi tinggi. Dimana sebagai seorang bobotoh, Anda bisa menjadikannya sebagai selingan pakan untuk seekor ayam aduan Bangkok.

Tentu saja bahan-bahan yang dibutuhkan tetap bermanfaat untuk asupan tambahan gizi seekor ayam aduan. Seperti contohnya ampas tahu, menir, dedak, umbi-umbian dan lain-lain. Cara ini sudah terbukti membuat seorang bobotoh lebih hemat sampai dengan 50%.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak wajib memberi pakan berupa beras merah, gabah dan jagung saja. Akan tetapi bisa menggantinya dengan kombinasi pakan lain. Diantaranya :

  • Ayam Berusia 0 s/d 3 Bulan

Jenis ayam aduan yang masih berusia 0 s/d 3 bukan bisa diberi pakan berupa konsentrat atau voor saja. Akan tetapi setelah 1 bulan, Anda bisa memberinya jenis lain, seperti :

  • Kombinasi Voor + Nasi

Seorang bobotoh bisa mencampur nasi + voor dan beri sedikit tambahan air. Aduk sampai benar-benar merata + berkembang. Kemudian berikan langsung pada anakan ayam aduan.

  • Kombinasi Voor  + Pakan Lain

Selain itu, Anda bisa memberikan campuran pakan lain seperti dedak, ampas tahu, tepung ikan, menir jagung dan masih banyak lagi. Cara ini cukup banyak dipilih lantaran dianggap lebih hemat.

Cara ini telah terbukti cukup ampuh dan pastinya kandungan gizinya cukup terjamin.

  • Pakan Saat Lancuran Maupun Indukan Ayam Aduan Bangkok

Ketika memasuki usia lebih dari 4 bulan, ayam termasuk pada periode “lancuran”. Pada usia ini, proses pemberian pakan dengan nutrisi tinggi sangatlah penting. Seperti :

  • Pakan Tanpa Diproses/Olahan

Mirip dengan cara di atas, bahan utamanya bukanlah voer melainkan jagung. Nantinya, pakan ini dicampur dengan ubi, nasi, gabah dedak dan lain-lain.

  • Pakan Olahan

Proses pembuatan ini dibutuhkan adalah beras putih maupun beras jagung. Yang selanjutnya dimasak dengan tepung ikan, ubi dan beberapa jenis sayuran. Pembuatan adalah memakai kompor, rice cooker atau tungku kayu.

Sementara proses pemberian pakan secara tepat tidak bisa dilakukan sembarangan. Tetapi juga harus diperhatikan proses waktu pemberian. Waktu terbaik adalah pada pagi dan jelang sore hari WIB. Dimana porsi pagi jangan terlalu banyak. Begitu juga dengan waktu pemberian pakan di sore hari.

Pastinya dengan menekan biaya pengeluaran, jelas ini membuat Anda sebagai bobotoh bisa mendapatkan keuntungan lebih. Dan pastinya nutrisi dan gizinya tetap terjaga.

Itulah pembahasan tentang tips racikan atau olahan pakan ayam aduan Bangkok paling mudah dan hemat dari https://nationalhighfiveproject.org/. Tetapi tetap saja pakan ini sangat bernutrisi dan bergizi untuk ciptakan ayam aduan Bangkok jawara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *